Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Elemen Gaya Hidup Berkelanjutan

“Sampah Plastik, Jadi Lebih Asik”

Pencemaran lingkungan menjadi masalah utama yang terjadi di seluruh dunia. Banyaknya masalah sampah yang terjadi ini kemungkinan dari gaya hidup dari masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungan. Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan perlu ditumbuhkan sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah kemudian dalam kehidupan bermasyarakat. Sekolah sebagai satuan pendidikan memiliki peran penting untuk menggali kepedulian peserta didik terhadap sampah plastik. Lingkungan sekolah bisa menjadi pelatihan untuk peserta didik dalam mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat. Tujuan utamanya adalah, peserta didik akan dibentuk untuk menjadi agen perubahan dalam membantu memecahkan masalah sampah plastic yang ada di sekolah secara empati, kritis, dan kreatif.

SMP Harapan Nusantara melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tim projek P5 yang terdiri dari Gusti Ayu Diah Dipayanti, Ni Putu Pariastini dan Agung Eka Kartikawati. Memperhatikan lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa, masalah yang paling dekat dengan kehidupan dan lingkungan belajar siswa adalah masalah sampah terutama sampah plastik. Maka diputuskan untuk projek pertama memilih tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan sub tema pengolahan sampah plastik. “Sampah Plastik Jadi Lebih Asik” sebagai judul projek. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, Gotong Royong, dan Bernalar Kritis beserta sub-elemen terkait.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Projek :

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang pertama dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dilaksanakan selama 10 hari. Setiap harinya, sebelum kegiatan peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk semanmgat mengawali kegiatan projek. Pada hari pertama yaitu 19 September 2022 dilakukan pemberian materi “Pentingnya Projek gaya Hidup Berkelanjutan”.

Kegiatan Gallery Walk :

Kegiatan pada hari kedua adalah kegiatan outdoor mengunjungi TPS3R Uma Asri yang berada dekat dengan sekolah. Hasil yang diperoleh peserta didik melalui kegiatan observasi di TPS, selanjutnya peserta didik menganalisis hasil temuan mereka dituangkan dalam kertas kerja yang kemudian dipresentasikan di depan kelas.

Kunjungan ke TPS 3R Uma Asri :

Kegiatan hari ketiga yaitu peserta didik mengolah data yang mereka peroleh kemarin. Peserta didik mengelompokkan isu sampah plastik yang ada di lingkungan sekolah dan kaitannya dengan pencemaran lingkungan dituangkan di kertas kerja. Kemudian peserta didik berdiskusi design thinking.

Hasil Diskusi Peserta Didik :

Hari keempat adalah untuk membangun imajinasi peserta didik dengan menayangkan video program pengolahan sampah dan eksplorasi program pengolahan sampah yang ada dituangkan dalam bentuk tabel pada kertas kerja dan dipresentasikan.

Hasil rancangan ide yang telah peserta didik kerjakan dipresentasikan pada hari kelima. Setiap kelompok mempresentasikan ide rancangan mereka dan dievaluasi oleh guru pendamping. Rancangan yang sudah disetujui, selanjutnya direalisasikan dengan langkah pertama yaitu mengumpulkan sampah plastik yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatan Evaluasi Rancangan Ide :

Bahan sampah plastik yang sudah dikumpulkan, diolah pada hari keenam dan ketujuh hingga menjadi produk jadi. Guru memantau kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta didik di setiap kelompoknya dan memberikan saran untuk penyempurnaan hasil karya mereka.

Kegiatan Pengolahan Produk :

Kegiatan hari kedelapan diadakan kegiatan evaluasi hasil pengerjaan produk yang telah dibuat dan hubungannya dengan tujuan yang telah dirancang. Selanjutnya setiap kelompok mendiskusikan dengan guru rencana pameran aksi untuk kelompok tersebut, hingga mungkin bentuk penyusunan meja/pokok untuk menampilkan hasil karya kelompoknya.

Kegiatan Evaluasi Produk :

Peserta didik pada hari ke sembilan melaksanakan pameran. Peserta didik yang terlibat dalam projek ini siap siaga berdiri di samping hasil karya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pengunjung (yang berasal dari pimpinan sekolah, guru, orang tua, peserta didik). Pada pameran disediakan lembar umpan balik yang dapat diisi oleh pengunjung untuk setiap kelompok.

Hasil Karya Setiap Kelompok :

Pada hari terakhir diadakan kegiatan evaluasi keseluruhan hasil karya. Peserta didik mengevaluasi aksi yang ditawarkan dengan memperhatikan umpan balik konstruktif yang mereka terima selama pameran demi peningkatan efektivitas aksi. Selanjutnya peserta didik dan guru bekerja sama melakukan perencanaan dan perbaikan solusi aksi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengalami pengetahuan secara langsung sebagai proses penguatan karakter dan juga menjadi kesempatan untuk belajar dari lingkungan di sekitarnya. Evaluasi yang diberikan selama kegiatan projek untuk peserta didik adalah penilaian refleksi, observasi, dan sumatif. Selama kegiatan projek, tim projek juga melakukan refleksi keseluruhan kegiatan sebagai bahan evaluasi.

Informasi Terkait

Porsenijar SMP Harapan Nusantara 2024

Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar Tahun 2024 resmi dibuka pada Senin, 1 April 2024 di GOR Lila Buana Denpasar. SMP Harapan Nusantara turut berpartisipasi pada kegiatan Porsenijar Kota Denpasar dengan…

Study Tour SMP Harapan Nusantara 2024

Study Tour merupakan program tahunan SMP Harapan Nusantara yang pada tahun 2024 ini dilaksanakan dari tanggal 22 sampai 26 Maret 2024. Peserta study tour kali ini ialah siswa kelas 8,9 dan para guru. Perjalanan dimulai dari…

24 Tahun Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara

Memperingati HUT Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara pada Bulan Februari dirangkai dengan HUT Kota Denpasar disambut dengan meriah dengan berbagai kegiatan. Tema HUT ke-24 Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara…

Porjar SD Harapan Nusantara 2024

Pada tahun 2024, SD Harapan Nusantara mengikuti PORJAR Kecamatan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Pebruari – 23 Pebruari 2024. SD Harapan Nusantara mengirimkan 33 atlet, diantaranya cabor karate, basket, sepak…

Hubungi Kami

Silahkan menghubungi kami melalui nomor telepon/whatsapp yang tertera.
Atau Anda bisa mengirimkan pesan/pertanyaan dengan mengisi form di bawah ini :

TK – 085935362939 (Ibu Librawati)

SD – 081337118864 (Ibu Putu Nopiyani)

SMP – 089654371225 (Bapak Putu Ariyasa)

SMA – 085337558083 (Ibu Ida Ayu Dema Jayanthi)

Jl. Cargo Sari III Denpasar, Ubung Kaja

sekolah@harapannusantara.sch.id